RSS Feed

Razia

Baru saja menemukan fakta bahwa gula pasir yang ada di rak kosan gue, udah kadaluwarsa dari 8 bulan yang lalu.

Pikiran gue melayang *halah* ke ‘kasus saos sambel botolan’ saat gue masih ngekost di daerah bendungan hilir.

Alkisah suatu malam saat gue mau makan, gue nyari – nyari saos sambel biar makanan gue makin maknyus (ato lebih tepatnya, supaya lauk yang cuma secuil bisa jadi berasa banyak dengan lautan saos sambel). Iseng gue merhatiin label dan nyari tanggal kadaluwarsa.

….

Deg. Gue syok.

Ternyata saos sambel itu udah kadaluwarsa dari SETAHUN YANG LALU.

Gue langsung panik nginget – nginget selama setahun terakhir ini udah berapa kali gue makan pake cocolan saos sambel itu. Tiba – tiba perut gue mulai berasa ga enak (that’s what we usually call ‘sugesti’, I guess) dan gue cuma berdiri sambil menatap saos sambel itu dengan nanar.

 

Gue sering banget begitu, merasa membutuhkan sesuatu kemudian beli tapi taunya cuma dipake beberapa kali ato malah ga dipake sama sekali.

Contohnya gula pasir, dulu gue mikir bahwa gue akan sering make gula pasir untuk nyeduh teh.

Nyatanya gue ga pernah punya waktu untuk ngeteh cantik di kosan.

Saos sambel juga gitu, sebenernya gue jarang banget makan pake saos sambel botolan.

 

Kebiasaan beli barang yang kayaknya-akan-dibutuhkan-suatu-hari-nanti itu bikin gue jadi punya tumpukan makanan. Masalahnya, seringkali pas gue beneran mau pake, eh udah kadaluwarsa. Sayang banget sebenernya 😐

 

Gue selalu membenarkan kebiasaan nimbun barang itu dengan mikir ‘tar kalo perlu trus ga ada, repot mesti cari ke sana kemari.’

Suara hati gue kemudian akan nimpalin, ‘Ya sama aja kaleee, ada stok barangnya tapi kadaluwarsa? Ujung-ujungnya mah tetep mesti nyari lageee’

Akhirnya gue razia rak gue, dan membuang lumayan banyak makanan yang udah kadaluwarsa. Beberapa hasil razia itu yakni;

  • Selai coklat dan stroberi masing – masing sebotol (cuma gue pake sekali)
  • Lima bungkus indomie dengan berbagai rasa (kebanyakan stok indomie)
  • Kecap manis (ga pernah gue pake sama sekali)
  • ANOTHER PACK of gula pasir (rencananya mau buat bikin nutrijell, tapi cuma kepake sekali)
  • Biskuit *entah apa merk’nya, ampe lupa*

 

Kemudian it crossed my mind that, gue selama ini suka nimbun masalah juga ngga ya

Semacam punya problem trus disimpen aja ga dicari solusinya ampe bulukan.

Masalah – masalah itu, kalo gue ‘keluarin’ lagi, bisa gue buang ga ya segampang ngebuang saos sambel botolan kadaluwarsa?

 

Setelah gue membuang makanan – makanan yang kadaluwarsa itu, gue baru sadar kalo ternyata rak gue cukup luas. Ternyata ada space untuk kotak – kotak Tupperware yang selama ini ga punya tempat.

 

Mungkin gue mesti sekali – sekali razia hati dan pikiran juga. Hati dan pikiran gue, jangan – jangan sebenernya juga punya banyak ruang kosong.

Ruang – ruang yang bisa gue isi dengan hal – hal lebih baik, ga melulu masalah.

Ga mudah memang, untuk membuang masalah.

Barangkali, cara membuang masalah – masalah tersebut adalah dengan MENYELESAIKANNYA.

Mencari solusi, ngobrol dengan orang yang dipercaya dapat membantu. Ah, tapi sebelumnya harus mengambil keberanian dulu untuk menghadapi masalah itu.

Seringkali gue males dan ga suka untuk berhadapan dengan masalah. Tapi kalau masalah itu ga dihadapi dengan gagah berani, selamanya dia akan mendekam di hati dan pikiran.

Membuat hati dan pikiran menjadi sempit.

 

Jadi, kalau hati atau pikiran lo terasa sesak, coba di razia, siapa tau ada timbunan masalah di sana 🙂

…atau mungkin yang ada di sana adalah cinta yang belum move on?

 

*kabur sebelum disambit masyarakat banyak*

About Godeliva Olivia

loves reading, sweet iced tea, and good laugh.

2 responses »

  1. “…atau mungkin yang ada di sana adalah cinta yang belum move on?” Ngomongin diri sendiri kayaknya..

     

    Like

    Reply

Leave a Reply

